Berita

    Sering Terabaikan, Ini Fungsi Filter Bensin Mobil yang Harus Anda Ketahui

    Istilah filter bensin mobil mungkin sudah tidak asing lagi, terutama bagi pengendara kendaraan roda empat. Namun, tidak semua orang mengerti akan fungsi, letak, maupun cara perawatannya agar awet. 

    Apabila filter bensin tidak dibersihkan secara teratur, bisa berakibat fatal bagi kendaraan Anda. Sebab, aliran bahan bakar seperti bensin, pertalite, premix, dan sebagainya yang seharusnya disalurkan ke ruang bakar menjadi tidak lancar. 

    Akibatnya, performa mobil kesayangan Anda pun menjadi tidak maksimal. Agar hal tersebut tidak terjadi, penting bagi Anda untuk memahami apa saja fungsi dari filter bensin. Sebagai informasi, berikut ini ulasan fungsi filter bensin mobil yang harus Anda ketahui. 

    1. Menyaring Berbagai Kotoran 

    Fungsi utama dari filter bensin pada mobil adalah untuk menyaring berbagai kotoran yang berpeluang masuk ke dalam bensin. Seperti, kerikil dan daun atau partikel-partikel kecil lainnya. Dengan demikian, bahan bakar yang masuk akan tetap steril. 

    Proses penyaringan tersebut nantinya akan meninggalkan sisa kotoran atau residu pada filter bensin. Bisa dibayangkan apa yang terjadi jika filter tersebut tidak dibersihkan secara berkala. Tentunya, kotoran akan menumpuk dan semakin sulit untuk dibersihkan. 

    Jika hal ini terjadi, kualitas dan kinerja dari bahan bakar bensin pun akan menurun. Jadi, jangan sampai terabaikan dan lakukan pemeriksaan secara berkala untuk membersihkan filter bensin kendaraan Anda. 

    Untuk proses pembersihannya sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Dengan catatan, kotoran yang terdapat pada filter masih sedikit dan cukup mudah untuk dibersihkan. 

    Namun apabila sudah menumpuk, sangat disarankan untuk segera membawanya ke bengkel agar bisa dilakukan pengecekan kondisi filter oleh mekanik ahli. Apakah harus diganti dengan filter yang baru atau hanya perlu dibersihkan saja. 

    2. Menyaring Elemen Air

    Selain menyaring berbagai kotoran, filter bensin juga berfungsi untuk menyaring elemen air yang ada pada bahan bakar. Elemen air ini akan membuat bensin mudah mencair, sedangkan eksistensinya tidak boleh sampai masuk ke dalam mesin. 

    Perlu diketahui, penyebab hadirnya elemen air pada bensin bisa dikarenakan beberapa faktor. Apabila tidak dilakukan penyaringan, maka performa mobil akan menurun dan membuat kendaraan Anda sering mengalami macet atau tersendat saat dikendarai. 

    3. Menurunkan Kecepatan Aliran Bensin

    Fungsi filter bensin mobil yang ketiga adalah untuk menurunkan kecepatan aliran bensin yang disalurkan ke ruang pembakaran. Jika sampai lolos karena filter tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka akan terjadi endapan di bagian bawah. 

    Selain itu, fungsi yang ketiga ini juga bertujuan untuk menghindari masuknya partikel asing yang berbahaya ke ruang pembakaran. Dampaknya, akan membuat kecepatan mobil saat dikendarai menjadi lebih stabil walaupun melewati jalan yang tidak rata.   

    4. Mencegah Tersumbatnya Saringan Bensin

    Fungsi terakhir dari filter bensin adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan saat proses penyaringan bahan bakar. Jika hal ini terlanjur terjadi, kondisi tersebut mengakibatkan tenaga mesin semakin menurun.

    Sebab, kondisi tersebut bisa mengakibatkan bensin yang masuk ke karburator menjadi semakin meningkat yang berujung pada borosnya penggunaan bahan bakar. Terutama saat melakukan perputaran tinggi, maka mesin akan membutuhkan pasokan bahan bakar yang cukup besar. 

    Dengan memahami keempat fungsi filter bensin mobil tersebut, bisa dipastikan bahwa sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Anda bisa membersihkannya secara mandiri atau dibawa ke bengkel terdekat. Lakukan pembersihan secara berkala di bengkel resmi Suzuki sekarang juga apabila anda ingin melakukan servis berkala.  Anda bisa menjadwalkan service anda dengan cara mengunjungi website nya di https://www.suzukiumc.co.id/ lalu pilih halaman service untuk mendapatkan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda.