Berita

    Mengenal Torque Converter dan Cara Kerjanya

    Torque Converter atau konverter torsi merupakan komponen yang ada pada mobil transmisi otomatis, berperan sebagai pemindah tenaga dari mesin ke transmisi. Konverter ini yang menjadi pembeda antara mobil matic dengan manual. 

    Peminat mobil matic semakin tinggi. Mobil dengan transmisi otomatis ini menjadi pilihan banyak pengemudi, karena dirasa lebih mudah dikendalikan. 

    Jika Anda juga lebih memilih menggunakan mobil matic, maka Anda harus pahami dulu apa itu konverter torsi. Karena bila terdapat kerusakan pada transmisi otomatis mobil, Anda tahu harus berbuat apa.

    Pengertian Torque Converter

    Konverter torsi merupakan komponen pemindah tenaga yang berfungsi menghubungkan putaran mesin ke transmisi otomatis. Bagian mobil ini sering disebut kopling hidrolik. Karena cara kerjanya memang memanfaatkan cairan berupa minyak transmisi.

    Minyak tersebut adalah Automatic Transmission Fluid (ATF). Cairan inilah yang nantinya sanggup menggerakkan komponen lain dalam konverter torsi secara otomatis. Berbeda dengan mobil transmisi manual yang memanfaatkan kopling gesek.

    Fungsi Konverter Torsi

    Konverter torsi menjadi komponen penting dalam mobil matic. Fungsi utama dari komponen ini yaitu meneruskan tenaga mesin ke transmisi, dengan cara mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga kinetik dari aliran oli, 

    Fungsi lebih rinci dari konverter torsi adalah sebagai berikut

    • Konverter torsi bekerja menjadi kopling otomatis yang menghubungkan mesin dan transmisi otomatis secara hidrolik. Perpindahan ini terjadi dengan sangat halus, sehingga tidak menimbulkan suara berisik
    • Dapat meredam getaran apabila terjadi benturan atau kejutan pada mesin. Getaran atau vibrasi yang muncul akan diserap oleh aliran minyak transmisi (oil flow).
    • Konverter torsi bisa meningkatkan momen yang didapatkan dari mesin
    • Bekerja dengan menjaga agar putaran pada mesin merata, untuk mencegah terjadinya lug atau stall

    Komponen Torque Converter

    Konverter torsi secara umum terdiri dari 3 bagian, yaitu Pump impeller, turbin, dan stator. Impeller terhubung langsung ke flywheel pada drive case. Sedangkan turbin ada pada output shaft, dan stator berada di antara keduanya. 

    Berikut ini penjelasan lebih rinci tentang komponen konverter torsi yang ada pada mobil matic:

    • Pump Impeller