Berita

    Kenali Perbedaan Speedometer, Tachometer & Odometer

    Tahukah Anda bahwa alat ukur pada mobil tidak hanya speedometer saja? Masih ada dua alat ukur lainnya yang perlu Anda ketahui. Apa saja nama istilah tersebut dan apa perbedaan ketiganya? Berikut ulasannya. 

    Mengenal Perbedaan Speedometer Mobil, Odometer dan Tachometer

    Bagi orang awam, alat ukur yang umum diketahui adalah yang nampak pada dashboard yang menunjukkan kecepatan mobil pada saat berkendara. 

    Namun selain itu, masih ada dua alat ukur lainnya pada mobil yang memang jarang terdengar namun memiliki fungsi yang sangat penting. Sebagai informasi berikut perbedaan ketiga alat ukur tersebut. 

            1. Speedometer

    Merupakan alat yang digunakan untuk memberikan informasi kecepatan real kendaraan yang ditunjukkan dengan satuan kilometer/jam, atau satuan mil/jam di beberapa negara lain. 

    Alat tersebut umumnya berada di panel instrumen kendaraan, baik roda dua maupun roda empat.  Alat yang satu ini berupa dimensi penunjuk yang paling mendominasi dan paling besar di panel instrumen kendaraan. 

    Tipe dan Cara Kerjanya

    Ada dua tipe spidometer, yaitu:

    • Tipe Analog

    Terdapat jarum panjang yang menempel di bagian poros dan terhubung dengan roda bergigi. Fungsi jarum tersebut adalah sebagai penunjuk laju kecepatan kendaraan dengan indikator berupa angka 0 (nol) hingga batas akhir yang tampak pada spidometer. 

    • Tipe Digital

    Pada tipe yang digital atau tipe elektronik ini tidak terlihat jarum penunjuk, melainkan hanya menampilkan indikator angka yang akan selalu berubah sesuai dengan laju kendaran. 

    Cara kerjanya adalah dengan menggabungkan antara pulsa magnetik dengan pulser. Untuk tampilan besaran yang tercantum pada speedometer cukup beragam, tergantung dari negara masing-masing. 

    Misalnya, di Indonesia menggunakan satuan km (kilometer per jam)  sedangkan di Amerika menggunakan satuan mph (mile per hour)

            2. Odometer 

    Merupakan alat penunjuk jarak tempuh yang telah dilalui sebuah kendaraan yang umumnya berada pada panel meter di dashboard. Selain itu, odometer juga berfungsi sebagai indikator kapan harus melakukan penggantian oli. 

    Seperti halnya spidometer, terdapat dua tipe odometer yaitu tipe analog dan tipe digital. Fungsi lain dari odometer adalah sebagai indikator sebelum membeli mobil bekas dan indikator kapan saatnya mobil harus diservis.