Berita

    Kenali Apa Itu TPMS Mobil & Fungsinya

    Anda yang paham dengan dunia otomotif tentu tidak asing dengan istilah TPMS mobil. Fitur ini memiliki peran penting untuk setiap kendaraan, terutama pada mobil. Hal tersebut karena fitur TPMS sudah terpasang otomatis pada mobil.

    Jika Anda sebagai pemilik mobil masih belum memahami apa itu fitur TPMS pada mobil. Maka artikel ini akan membantu Anda mengetahui pengertian dan fungsi penting dari fitur TPMS itu sendiri.

    Definisi Singkat Fitur TPMS Mobil

    TPMS adalah istilah pendek dari Tire Pressure Monitoring System, yang mana merupakan sebuah fitur canggih yang telah di inovasi untuk kebutuhan mobil Anda. Karena komponen ban merupakan hal yang vital dan wajib di cek rutin, maka kehadiran TPMS untuk mobil ini sangat membantu.

    Mengecek keadaan ban dari sisi keausan ban, velg ban dan lain-lain wajib dilakukan secara rutin dan berkala. Maka dari itu, terciptanya fitur TPMS ini sangat membantu para pengendara mobil untuk mengontrol kondisi komponen ban mobilnya.

    Fungsi Fitur TPMS Pada Mobil

    Lalu, apa fungsi adanya fitur TPMS pada mobil? Fungsi fitur TPMS yang terdapat pada mobil Anda sangat penting dan vital. Anda perlu mengetahui beberapa fungsi fitur TPM, yang mana nantinya akan bermanfaat bagi kenyamanan dan keamanan Anda di dalam berkendara.

    Fitur TPMS sudah terjamin dalam memberikan rasa aman ketika Anda berkendara mobil. Maka dari itu, ketahui 5 fungsi utama dari fitur TPMS pada mobil, yaitu:

            1. Mengetahui Tekanan Angin Ban

    Fungsi dari TPMS pada mobil yang pertama adalah sebagai alat untuk mengetahui tekanan angin pada ban. Tekanan angin ini sangat berpengaruh pada kondisi dan performa mobil. Jika tekanan angin baik, maka mobil Anda pun memiliki performa yang baik juga, begitu pun sebaliknya.

            2. Menjadi Sumber Informasi Tekanan Ban

    Biasanya, Anda hanya menduga-duga mengenai informasi tekanan ban. Atau bahkan Anda tidak mengetahuinya sama sekali. Maka dari itu, fungsi dari TPMS mobil ini adalah sebagai informasi tekanan ban mobil Anda.

            3. Menghemat Bahan Bakar Mobil

    Kondisi ban yang sehat dan baik akan menghemat bahan bakar mobil Anda. Maka dari itu, fungsi TPMS pada mobil juga membantu untuk menghemat bahan bakar. Karena kondisi ban yang tidak aus akan mempengaruhi performa mobil agar tidak berat untuk dibawa.

            4. Mengurangi Risiko Kecelakaan Mobil