Berita

    Simak Jenis-Jenis Antena Mobil & Cara Merawatnya

    Fungsi utama dari antena mobil yaitu untuk menangkap sinyal. Biasanya komponen ini berada di bagian atap mobil. Melihat dari fungsinya yang tergolong penting, maka komponen ini juga perlu diperhatikan agar tetap berfungsi dengan baik.

    Di sisi lain, antena yang digunakan pada mobil pun biasanya memiliki beberapa jenis. Maka dari itu, kenali jenis-jenisnya dan juga cara merawatnya untuk mencegah terjadinya kerusakan.

    Jenis Antena Mobil yang Sering Digunakan

    Setidaknya ada 5 jenis antena khusus mobil yang saat ini banyak digunakan oleh produsen mobil. Adapun Berikut sudah kami rangkum semua jenis-jenisnya.

    1.  Antena Besi

    Tipe antena yang satu ini tergolong paling sering digunakan. Pasalnya jenis antena mobil besi mudah diatur panjang maupun pendeknya.

    Dengan menggunakan tipe antena besi, maka Anda bisa memendekkannya jika tidak sedang digunakan atau berjalan di jalur yang rawan mengenai antena tersebut. Contohnya saat melintasi jalan dipenuhi oleh ranting pohon.

    2.  Antena tipe Fixed

    Antena mobil ini tidak bisa Anda ubah ukurannya seperti antena standar yang terbuat dari besi. Karena sesuai dengan namanya yaitu fixed, maka komponen ini tetap memanjang di bagian atas mobil.

    3.  Antena Tipe Motorized

    Komponen yang berikutnya ini merupakan tipe antena yang tergolong canggih. Pasalnya, komponen ini memiliki fitur otomatis untuk memanjangkan maupun memendekkannya.

    Antena bisa memanjang dengan sendirinya saat mobil menyala. Lalu pada saat mobil Anda matikan, maka antenanya akan memendek dengan sendirinya. Jadi Anda tidak perlu lagi mengaturnya.

    4.  Antena Tipe Shark Fin

    Untuk Anda yang suka dengan jenis antena khusus mobil yang lebih modern, shark fin adalah tipe yang paling tepat. Bentuknya lebih modis dan juga trendy. Cocok sekali untuk tipe mobil apapun.

    Sesuai dengan namanya, antena shark fin untuk mobil ini memiliki bentuk seperti sirip hiu. Komponen ini biasanya ditempatkan di atap belakang mobil.

    5.  Antena Tipe Printed Glass

    Antena terakhir ini memiliki sistem yang lebih canggih dibandingkan dari antena khusus mobil yang lainnya. printed glass merupakan antena yang tidak diletakkan di luar mobil seperti pada umumnya.