Berita

    Wajib Tahu! Ini Penyebab Mobil Susah Distarter dan Cara Mengatasinya

    Mobil susah distarter merupakan masalah yang sangat merepotkan. Apalagi jika Anda menemuinya kala genting! Misalnya saja, mobil sangat sulit distarter saat Anda terburu-buru akan pergi ke kantor, ke stasiun, dan lainnya. 

    Memahami hal tersebut, Anda sebaiknya mengetahui faktor penyebab mobil sukar distarter dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Pembahasan informatif berikut akan membahas mengenai kedua hal itu. Jadi, baca sampai akhir!

    Faktor-Faktor yang Menyebabkan Mobil Susah Distarter

    Starter mobil yang terkendala dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut adalah daftar poin-poin penyebab beserta penjelasannya:

    • Kendala pada Busi

    Saat busi mengalami masalah, entah itu lantaran rusak atau kotor, maka ini dapat suplai kebutuhan bunga api yang berguna untuk proses starter. Demikian, saat Anda melakukan starter mobil, sebaiknya perhatikan busi di ruang mesin. 

    Pastikan kondisi busi tersebut! Apabila Anda menemui busi dalam keadaan kotor, maka lakukan pembersihan secepatnya dengan menggosok dan mengaplikasikan pembersih khusus busi. 

    • Kerusakan Alternator atau Dinamo Ampere

    Faktor penyebab mobil susah distarter berikutnya yakni dikarenakan adanya kerusakan pada alternator. Perlu Anda ketahui, alternator adalah komponen yang berperan sebagai pengalir listrik menuju aki.

    Jika pada bagian ini terdapat kerusakan, maka kendaraan tetap tidak akan bisa menyala walaupun aki dalam keadaan prima sekalipun. Terkait penanganan kerusakan alternator cukuplah rumit, sehingga lebih baik mobil mendapatkan reparasi dari profesional.

    • Ketidaksempurnaan Distribusi Bahan Bakar

    Faktor penyebab mobil sukar distarter selanjutnya yakni dikarenakan oleh bahan bakar yang tidak mengalir secara sempurna. Keadaan satu ini dipicu oleh melemahnya fuel pump dari bagian tangki menuju karburator. 

    Langkah darurat untuk mengatasi hal ini cukup mudah! Anda bisa melakukan hentakan, sehingga fuel pump yang ada di ruang mesin dapat berfungsi kembali normal.

    • Koil Terlampau Panas

    Koil yang bermasalah berhubungan dengan fungsinya sendiri dalam penggandaan tegangan listrik menuju aki. Alhasil, arus listrik yang tersedia dapat mengalir menuju busi, lalu memantik bunga api.

    • Kendala pada WTS (Water Temperature Sensor)