Berita

    Featured Image

    Ketahui Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak

    Salah satu risiko yang bisa terjadi saat berkendara adalah kaca mobil retak terkena hantaman kerikil atau benda tajam lainnya. Bahkan, saat diparkir di bawah pohon pun kaca mobil bisa retak karena kejatuhan buah, ranting, atau dahan yang kering.

    Dampak dari retaknya kaca mobil bagian depan bisa berakibat fatal karena berpotensi membahayakan pengemudi dan penumpang. Apabila kerusakannya cukup parah, solusi satu-satunya adalah mengganti kaca dengan yang baru. 

    Namun masih bisa diperbaiki jika kerusakannya hanya berupa retakan kecil saja. Bagaimana caranya? Berikut informasinya.  

    Begini Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak 

    Butuh biaya besar jika harus mengganti kaca bagian depan mobil yang telah retak. Untuk meminimalisir biaya, Anda bisa memperbaiki kaca yang retak tersebut secara mandiri, asalkan tingkat kerusakannya tidak terlalu parah.

    Meskipun demikian, butuh ketelitian agar kaca yang retak bisa terlihat seperti baru. Sebab, perbaikan yang dilakukan secara asal-asalan hanya akan memperparah tingkat kerusakannya. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini cara memperbaiki kaca mobil yang retak. 

            1. Bersihkan Kaca

    Langkah pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki kaca mobil yang retak adalah dengan membersihkan kaca depan dengan sabun dan air bersih. Bila perlu, gunakan sikat kecil untuk menghilangkan kotoran berukuran besar. 

    Sedangkan untuk kotoran kecil yang sulit diambil, Anda bisa memanfaatkan kanebo basah dan mengusapkannya ke bagian kaca agar semua kotoran menempel di kanebo. 

    Pencucian kaca ini perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada kotoran yang menempel di area kaca yang retak. 

    Sebab, kotoran yang menempel seperti debu atau pasir akan mengganggu proses pemerataan resin (cairan khusus kaca) yang disuntikkan di dalam retakan kaca. 

    Setelah itu, lap kaca mobil dengan kanebo atau kain bersih lalu tunggu hingga kaca benar-benar kering dan bersih secara sempurna. 

            2. Melubangi Bagian Kaca yang Retak dengan Bor

    Langkah kedua untuk memperbaiki kaca mobil retak adalah dengan membuat lubang di bagian kaca yang retak menggunakan bor berukuran halus. Buatlah lubang yang tidak terlalu dalam di sepanjang retakan. 

    Lakukan pengeboran secara hati-hati agar tidak memperparah tingkat kerusakannya. Fungsi dari pembuatan lubang di kaca yang retak tersebut adalah untuk menyuntikkan resin atau cairan lem.