Berita

    Featured Image

    Panduan Mengatasi Kebocoran di Kap Mobil

    Kap mobil yang mengalami kebocoran bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kebocoran pada radiator, oli, hingga sistem pendingin. Apabila dibiarkan, maka performa berkendara akan menurun.

    Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi kebocoran pada kap kendaraan. Tentu mengatasinya perlu Anda sesuaikan dengan penyebab dari kebocoran itu sendiri. Maka dari itu, simak berbagai cara di bawah ini yang bisa Anda lakukan saat kap mesin mobil mengalami kebocoran:

    Ini Panduan Mengatasi Kebocoran di Kap Mobil

    Fungsi kap mesin mobil sangat penting demi melindungi komponen ruang mesin dari berbagai risiko. Bila mengalami kebocoran, Anda bisa mengatasinya menyesuaikan dengan berbagai penyebabnya sebagai berikut:

    • Mengatasi Kebocoran Kap Akibat Radiator

    Radiator bisa mengalami kebocoran karena beberapa sebab. Mulai dari tutup yang melemah, usia terlalu tua, terbentur karena tabrakan, hingga saluran radiator terhambat. 

    Untuk mengatasi kebocoran pada kap mesin mobil akibat radiator, Anda bisa mengikuti panduan ini:

    1. Memastikan lokasi kebocoran. Pastikan area yang bocor bukan selang radiator;

    2. Menyiapkan berbagai kunci. Siapkan kunci inggris, kunci pas, tang, serta obeng plus dan minus. Lepas radiator dari kap mesin dan pastikan lokasi kebocoran secara akurat;

    3. Menambal menggunakan lem epoxy. Jika lokasi kebocoran telah diketahui dengan pasti, sumbat ujung radiator agar tidak lagi mengalir pada pipa yang bocor. Kemudian, lakukan langkah-langkah berikut: 

    • Gunakan lem plastik untuk steel bermodel 2 tube dengan kandungan epoxy resin serta tahan panas;

    • Tunggu hingga mengering selama 3 jam sebelum radiator kembali digunakan. 

    • Mengatasi Kebocoran Kap Akibat Oli

    Kebocoran pada kap mesin mobil juga bisa terjadi akibat oli yang rembes. Faktor yang memicu oli keluar dari tangki penampungannya bervariasi. Seperti steker pembuangan oli mengering, filter oli aus, hingga gasket sudah usang. 

    Untuk mengatasi kebocoran kap mobil akibat oli, Anda bisa menerapkan langkah-langkah berikut:

    1. Mengganti segel yang aus. Segel berfungsi menjaga oli tetap pada tempatnya. Keausan pada segel memicu oli merembes keluar dari mobil. Langkah paling tepat mengatasinya adalah mengganti segel dengan yang baru;

    2. Menutupi kebocoran oli dengan sealant. Cara ini cocok untuk kebocoran yang tidak terlalu parah. Anda cukup mencampurkannya dengan oli agar kebocoran tertutup;

    3. Mengencangkan baut. Meski sepele, tapi oli juga bisa bocor bila bautnya longgar. Anda dapat mengencangkan baut kembali dengan kunci pas torsi menyesuaikan kondisi mobil.