Berita

    Featured Image

    Kenali Cara Memperbaiki Rem ABS Mobil & Penyebabnya

    Saat rem ABS mobil rusak, Anda bisa membawa ke bengkel atau juga bisa memperbaiki sendiri. Sebelum itu, sebaiknya Anda harus tahu terlebih dahulu tentang dasar dari rem mobil agar Anda bisa menjelaskan masalah apa yang sebenarnya terjadi.

    Penyebab Rem ABS Mobil Rusak

    Saat ini mobil sudah dilengkapi dengan sistem ABS atau Anti-lock Braking System. Sistem ini memang sangat berguna. Namun Anda juga harus hati-hati saat memakainya.

    Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan dari sistem ABS:

    • Kabel Rusak

    Kabel adalah salah satu komponen penting dalam sensor ABS ini. Anda harus cek apakah kabel rusak, bisa jadi karena tersangkut, digigit tikus, atau ada kesalahan saat proses perbaikan.

    Sensor ini terletak di kaliper rem, jadi Anda harus hati-hati saat mengganti ABS ini karena akan sangat berpengaruh pada sistem rem mobil.

    Anda bisa memastikan dengan melihat lampu indikator, kalau menyala berarti ada gangguan pada sistem ABS. JIka hal itu terjadi, Anda bisa coba beralih tanpa ABS.

    • Kualitas Minyak Rem Menurun

    Sistem ABS membutuhkan minyak rem. Saat minyak rem habis, ada baiknya bila langsung diganti. Selain itu, Anda juga harus ingat tanggal kadaluarsa minyak. Usahakan tidak sampai kadaluarsa.

    Anda juga bisa membersihkan kotoran yang ada di dalam tabung minyak. Pastikan Anda selalu mengganti minyak rem secara berkala karena bisa mencegah rem ABS mobil rusak.

    • Jangan Mengocok Pedal Rem

    Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh pengendara. Terkadang pengendara terlalu sering mengocok pedal rem terlalu dalam, yang ternyata bisa menimbulkan kerusakan pada rem mobil.

    Cara Memperbaiki Rem ABS Mobil

    Setelah mengetahui beberapa kemungkinan penyebab kerusakan rem ABS mobil, sekarang saatnya untuk mengetahui cara untuk memperbaikinya.

    • Mengganti Minyak Rem

    Salah satu penyebab kerusakan rem adalah minyak rem yang tidak diganti, atau sudah kadaluarsa. Sebelum itu terjadi, Anda bisa cek secara rutin. Ada baiknya saat rem berkurang, Anda harus segera mengganti minyak rem tersebut.

    Mengapa harus segera diganti? Ini karena minyak rem adalah hal utama dalam sistem ABS. Anda juga bisa melihat dari lampu indikator yang ada di dashboard.

    Anda bisa segera tahu dari lampu indikator. Oleh karena itu, sangat penting juga untuk cek apakah lampu indikator berfungsi dengan baik.

    • Jangan Terlalu Sering Mengerem