Berita

    Featured Image

    Berbeda dengan Jenis Lain? Ini Cara Mengemudikan Mobil Keluarga

    MPV (Multi Purpose Vehicle) sering disebut juga sebagai mobil keluarga karena mampu memuat 7 orang penumpang dan menjadi kendaraan primadona masyarakat Indonesia. 

    Selain dapat mengangkut banyak orang, mobil ini juga menawarkan kenyamanan yang lebih tinggi. Berkat bagian ground clearance setinggi 20 cm membuatnya terasa nyaman meski sedang melewati jalan bergelombang.  

    Ditambah lagi, mobil ini lebih hemat bahan bakar dibanding jenis lainnya seperti SUV, hatchback, dan sedan. Mobil yang termasuk dalam jenis MPV di antaranya Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga Smart Hybrid, dan Suzuki XL7. 

    Tips dan Cara Mengendarai Mobil Keluarga MPV

    Model dan desain MPV dirancang khusus sebagai mobil pengangkut yang memiliki banyak kapasitas penumpang. 

    Untuk mengemudikannya juga memerlukan cara khusus agar fungsinya bekerja optimal. Berikut tips dan cara mengendarai mobil MPV yang wajib Anda tahu. 

    • Memerlukan Perlakuan Khusus

    Mobil bermuatan banyak penumpang membutuhkan perlakuan khusus saat dikendarai. Mobil MPV penuh muatan cenderung lebih menguntungkan karena membuat performanya stabil dan tidak agresif. 

    Dengan membawa beban yang penuh sesuai batas kapasitasnya membuat roda dan kaki-kaki mobil menapak sempurna di permukaan jalan. Mobil MPV yang memuat dua orang penumpang di bagian depan. 

    Cenderung lebih mudah mengalami limbung atau fish tail, penyebabnya karena bagian belakang mobil kekurangan downforce atau beban. Itu sebabnya, Anda harus lebih berhati-hati saat mengendarai mobil MPV sendiri atau hanya berdua. 

    • Bahaya Kelebihan Muatan

    Pada mobil MPV kelebihan muatan lebih berbahaya daripada kekurangan penumpang. Masalah serius dapat timbul ketika mobil membawa penumpang melebihi batas maksimal karena dapat mempengaruhi kestabilannya. 

    Ketidakstabilan mobil akan terasa saat melewati tikungan dan belokan. Ini karena semakin tinggi beban muatannya semakin besar gaya sentrifugal yang timbul.

    Sehingga titik keseimbangan mobil berpindah ke atas dan meningkatkan risiko terjadinya limbung. 

    • Terapkan Cara Berkendara yang Aman

    Sebaiknya jangan melakukan manuver yang agresif saat mengendarai mobil keluarga MPV. Perlu Anda ingat, mobil yang membawa banyak penumpang membutuhkan tenaga lebih ketika berakselerasi. 

    Jadi jangan memaksa mobil menyalip kendaraan lain jika kondisi jalan belum benar-benar longgar/aman. Mobil MPV juga memerlukan jarak pengereman yang lebih jauh dari jenis mobil lain. 

    • Selalu Periksa Kondisi Ban

    Sebelum memulai aktivitas lakukan pemeriksaan pada ban mobil dalam kondisi tanpa muatan. Pastikan tekanan udara di keempat bannya sudah sesuai, tidak kurang atau kelebihan. 

    Bila perlu lakukan balancing dan spooring agar mobil lebih nyaman dan mudah dikontrol. 

    Fungsi Fitur-Fitur yang Ada di Mobil MPV

    Mobil MPV keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Mau tahu apa saja fiturnya? Berikut beberapa fitur yang ada di dalam mobil MPV. 

    • Find My Car

    Fungsi fitur ini sama seperti namanya yaitu berguna untuk menemukan posisi mobil. Fitur find my car terhubung dengan aplikasi peta digital.

    Sehingga mampu menampilkan lokasi lengkap mobil tersebut berada. Mulai dari nama jalan, kecamatan, kota/kabupaten, hingga provinsi. 

    • Geofencing

    Fitur keamanan ini terhubung langsung dengan jaringan GPS (Global Positioning System). Melalui fitur ini pemilik mobil MPV akan memperoleh notifikasi ketika mobilnya keluar dari zona/radius yang telah ditentukan sebelumnya.  

    Selain itu, pemilik juga dapat menandai lokasi-lokasi yang tidak boleh dimasuki mobil, misalnya klub malam. Ketika mobil tersebut memasuki lokasi terlarang fitur geofencing akan memberikan notifikasi.