Berita

    Featured Image

    Tips dan Trik Mengemudikan Mobil di Jalan Sempit

    Sebagai pengemudi, Anda perlu mengetahui tips mengemudi di jalan sempit. Pasalnya, ada banyak gang-gang kecil di kota-kota besar di Indonesia. Tanpa keahlian khusus, Anda akan kesusahan saat melewatinya. 

    Nah, berikut tips yang tepat untuk membantu Anda melewati jalanan sempit. Simak, yuk!

    Tips Mengemudi di Jalan Sempit

    Berkendara di gang sempit akan menjadi sebuah pengalaman yang cukup menantang, terutama bagi pengemudi pemula. Berikut tipsnya agar keselamatan tetap terjaga hingga ke ujung jalan: 

    1. Kurangi Kecepatan 

    Perlambat laju kendaraan saat memasuki jalanan sempit. Tujuannya, agar Anda cepat bereaksi ketika ada halangan yang tidak terduga atau ada kendaraan lain dari arah berlawanan. 

    Dengan mengurangi kecepatan, Anda jadi mempunyai waktu untuk membuat keputusan yang tepat dan mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. 

    1. Fokus dan Berkonsentrasi Pada Jalan

    Berkendara di jalanan sempit membutuhkan fokus yang tinggi. Anda harus berkonsentrasi penuh pada jalanan dan tidak memikirkan hal lain. Sementara, abaikan ponsel maupun gadget lainnya. 

    fokus pada jalanan

    Dengan begitu, Anda akan lebih tenang selama mengemudi dan tetap waspada terhadap sekitar. Ketika ada halangan, Anda dapat bereaksi dengan cepat dan tepat. 

    1. Waspada dengan Titik Buta 

    Tips mengemudi di jalan sempit selanjutnya adalah memperhatikan titik buta. Pasalnya, di gang-gang sempit, jarak pandang pengemudi cukup terbatas. 

    Oleh karena itu, Anda harus waspada dan berhati-hati dengan titik buta ketika ada mobil lain melewati atau datang dari arah berlawanan, gedung di tikungan, atau hal lainnya. Selalu injak rem dan bunyikan klakson jika Anda merasa ada penghalang di depan. 

    1. Selalu Pantau Lewat Kaca Spion Sisi Samping

    Ketika melewati jalanan sempit, pastikan untuk selalu memantau jalan melalui kaca spion yang ada di sisi samping kanan kiri. 

    Tujuannya, untuk menghindari tabrakan dan membantu Anda mengetahui jarak antara kendaraan dengan tepi jalan misal gedung, atau jika ada mobil yang terparkir di pinggir jalan. 

    1. Beri Jarak Antara Mobil dan Sisi Jalan

    Pastikan untuk memberi jarak antara sisi jalan dengan kendaraan Anda. Hindari mengemudi terlalu di tepi. Risikonya, mobil bisa menyenggol mobil lain yang terparkir, mobil yang datang dari lawan arah, atau bersenggolan dengan gedung. 

    1. Menjaga Keseimbangan

    Dalam tips mengemudi di jalan sempit, Anda juga harus menjaga keseimbangan. Pastikan tangan selalu berada di kemudi dan kaki di posisi pedal gas maupun rem. Ketika sewaktu-waktu harus melakukan pengereman mendadak, Anda sudah siap. 

    1. Memberi Tanda untuk Pengendara Lain

    Selalu beri tanda ke pengguna jalan lainnya dengan membunyikan klakson. Terutama ketika Anda akan melewati tikungan di jalanan sempit. 

    Tujuannya agar pengendara lain mengetahui keberadaan Anda, sehingga mereka dapat mengontrol kecepatan. Anda juga terhindar dari risiko kecelakaan. 

    1. Pastikan Mobil dalam Kondisi yang Baik

    Agar mobil dapat memberikan respons yang baik saat berkendara di gang sempit, pastikan kondisinya dalam keadaan baik. Terutama di area pengereman. 

    Pasalnya, akan ada banyak rintangan saat melewati jalan sempit seperti pejalan kaki, mobil yang terparkir, kendaraan dari lawan arah, maupun cuaca. 

    Jika mobil dalam kondisi tidak baik, berisiko terjadi kecelakaan. Sebaliknya, dengan menjaga kondisi mobil, Anda dapat terhindar dari bahaya kecelakaan. 

    Ikuti tips mengemudi di jalan sempit tersebut, maka Anda akan merasa nyaman dan tenang saat melalui jalan sempit.