Berita

    Penyebab Suspensi Mobil Terasa Tidak Nyaman

    Ada banyak hal yang bisa menyebabkan berkendara menjadi tidak nyaman mulai dari kebersihan yang tidak terjaga hingga komponen mobil yang tidak berfungsi dengan baik. Sebagai contoh, yaitu ketika terjadi hal-hal yang membuat suspensi mobil tidak nyaman. Ini bisa terasa seperti gluduk atau kasar saat melewati polisi tidur.

    Suspensi mobil terasa tidak nyaman ini umumnya dapat disebabkan oleh beberapa hal. Artikel ini akan mencoba mengupas apa saja hal yang menjadi penyebab suspensi pada mobil menjadi tidak nyaman. Ikuti informasi selengkapnya pada pembahasan berikut!

    6 Penyebab Suspensi Mobil Tidak Nyaman

    Suspensi pada mobil memiliki fungsi untuk meminimalisir efek dari getaran yang mungkin saja terjadi selama berkendara. Bayangkan apabila sistem komponen ini rusak atau tidak berfungsi secara maksimal, bukan hanya ketidaknyamanan yang bisa dirasakan melainkan juga bahaya.

    Untuk itu saat Anda mulai merasa bahwa suspensi tidak nyaman, Anda perlu benar-benar memeriksa dan mencari tahu penyebabnya agar bisa segera diperbaiki.

    Berikut ini akan dibahas tentang rupa-rupa dari penyebab sistem suspensi pada mobil terasa keras dan tidak nyaman saat digunakan untuk berkendara:

    • Melewati Jalanan yang Tidak Rata

    Penyebab suspensi mobil tidak nyaman salah satunya dikarenakan mobil sering kali melewati medan jalan yang tidak rata.

    Apabila hal ini sering terjadi, maka sistem suspensi juga menjadi bekerja lebih keras menahan getaran yang mengakibatkan daya fungsinya tidak optimal. Pada akhirnya, suspensi menjadi keras dan tidak lagi nyaman saat mobil digunakan untuk berkendara.

    • Ban Aus

    Hal lain yang juga menyebabkan suspensi tidak nyaman, yaitu saat kondisi ban mobil Anda aus atau sudah tipis. Dengan situasi yang demikian sudah pasti sistem suspensi akan berubah menjadi keras.

    Sehingga apabila diketahui ban mobil sudah mulai menipis, sebaiknya Anda perlu bergegas menggantinya. Dengan selalu memperbaiki atau menggunakan komponen mobil dalam kondisi bagus, maka berkendara juga bisa menjadi lebih nyaman.

    • Kebersihan yang Tidak Terjaga

    Suspensi yang keras dan tidak nyaman juga dapat disebabkan karena kondisi kebersihannya yang tidak terjaga. Hal ini disebabkan karena kondisi suspensi yang kotor bisa mengakibatkan gerakannya menjadi lambat dan tidak nyaman.

    Tidak hanya itu saja, suspensi yang kotor juga bisa semakin memperparah kondisi dan membuat komponen-komponen dari sistem suspensi menjadi mengalami kerusakan.

    Oleh karena itu, penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan mobil tidak hanya pada bagian badan mobil saja melainkan juga pada komponen-komponen pendukungnya.

    suspensi kotor

    Freepik.com

    • Mobil Membawa Muatan Melebihi Kapasitas

    Selain berhubungan dengan komponen itu sendiri, suspensi mobil tidak nyaman dapat disebabkan juga oleh muatan mobil yang melebihi kapasitas. 

    Bobot yang terlalu berat dapat membuat suspensi menjadi tidak bekerja secara sempurna. Jadi, perhatikan selalu muatan mobil Anda, ya!

    • Tidak Rutin Servis

    Mobil yang tidak rutin diservis sudah pasti akan memiliki masalah, tidak terkecuali permasalahan pada komponen suspensi. 

    Padahal tidak hanya akan memicu kerusakan atau penurunan fungsi pada komponen, tidak rutinnya melakukan servis pada kendaraan bisa menyebabkan bahaya. 

    Jadi mulai sekarang, sebaiknya rutin periksakan kendaraan ke bengkel terdekat sehingga kerusakan pada komponen suspensi yang membuat tidak nyaman dapat segera diatasi. 

    • Sudah Kedaluwarsa

    Satu lagi penyebab dari suspensi mobil menjadi keras dan terasa tidak nyaman, yaitu karena kondisinya yang sudah kedaluwarsa.

    Untuk menghindari terjadinya kondisi ini, maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu memeriksa dan juga melakukan penggantian suspensi secara berkala.

    Demikian pembahasan tentang hal-hal yang menjadi penyebab suspensi pada mobil terasa tidak nyaman. Solusi yang bisa dilakukan ketika Anda menghadapi permasalahan ini, yaitu dengan membawa mobil kesayangan Anda ke bengkel.