Berita

    Mengenal Brake Pad Mobil, Fungsi & Cara Kerjanya

    Dalam sistem pengereman, terdapat komponen yang cukup penting pada kendaraan mobil. Komponen tersebut adalah brake pad mobil atau dengan nama lain yaitu brake shoe.

    Bagian dari sistem rem mobil ini perlu Anda pahami dari segi fungsinya maupun cara kerjanya. Berikut penjelasan lebih lanjut agar Anda mengenal apa itu brake pad, fungsi, dan cara kerjanya pada mobil.

    Apa Itu Brake Pad Mobil?

    Seperti yang telah disinggung pada paragraf awal, komponen ini merupakan bagian yang  cukup penting dari sistem pengereman mobil. Selain disebut sebagai brake shoe, brake pad juga dikenal dengan istilah kampas rem cakram. 

    Dimana isi komponen ini terdiri dari pad yang memiliki bentuk karena gesekan pada bagian backing plate baja.

    Brake shoe yang tersedia dan sering digunakan di pasar Indonesia biasanya terbuat dari beberapa jenis material yang berbeda. 

    Masing-masing mempunyai kelebihan tergantung dengan jenis kendaraan yang tepat. Beberapa material dari komponen ini diantaranya adalah adalah semi organic, semi metallic, low metallic dan ceramic

    Fungsi Brake Pad Mobil

    Karena spare part ini memiliki peran penting dalam sistem pengereman, adapun fungsi lainnya yang perlu Anda ketahui adalah seperti di bawah berikut.

    • Membantu Proses Pengereman

    Brake pad berfungsi untuk menekan bagian piringan cangkram sehingga akan menghambat rotasi rem cakram agar putarannya terhenti. 

    Dalam arti lain, rem cakram ini dapat membantu proses pengereman dengan sempurna meskipun Anda mengerem secara mendadak.

    • Mudah Melewati Jalan Curam

    Brake pad sangat membantu agar bisa melewati jalan curam baik pada kondisi tanjakan maupun turunan. Jika Anda sedang melewati jalan yang cukup ekstrim, Anda memerlukan bantuan brake pad untuk menjaga keseimbangan agar mobil melaju dengan stabil.

    • Mengurangi Suara Bising

    Ketika mobil melakukan pengereman, mungkin akan menimbulkan suara berisik karena terjadinya gesekan untuk memperlambat laju kendaraan. Dengan adanya kampas rem, hal ini bisa diatasi karena fungsinya untuk mengurangi suara bising dalam proses pengereman.

    • Menjaga Performa Rem Mobil

    Penggunaan brake shoe dengan kualitas tinggi tentu akan berpengaruh terhadap performa mobil itu sendiri. Dengan mempertimbangkan kampas yang berkualitas, maka pengereman mobil akan menjadi lebih halus dan nyaman.

    • Cara Kerja Brake Pad Mobil