Berita

    Memahami Dinamo Starter dalam Mesin Mobil

    Mesin mobil mempunyai komponen-komponen yang berguna untuk menggerakkan mesinnya. Salah satu komponen yang penting untuk mobil yaitu dinamo starter. Komponen ini juga dikenal sebagai motor starter. 

    Motor starter bisa menjadi penentu dari pergerakan mesin mobil Anda. Untuk itulah, penting sekali mempelajari fungsi serta bagian-bagian komponen tersebut. Untuk itu, Anda bisa menyimak artikel berikut ini. 

    Fungsi Dinamo Starter

    Salah satu bagian mesin mobil ini berguna dalam pemutaran mesin untuk pertama kali. Ketika menghidupkan kendaraan, lakukanlah pemijakan pada pedal kopling. 

    Hal ini berguna agar pengendara mobil tidak melupakan bahwa sebelum starter dilakukan maka gigi harus dalam kondisi netral. Penggerakan mesin dalam dinamo ini berasa dari energi listrik yang turut diubah ke energi gerak. Perubahan inilah yang membuat mobil bisa bergerak seperti yang diinginkan. 

    Komponen Dinamo Starter

    Mengetahui komponen dari dinamo starter akan membantu bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda. Sehingga tidak akan terjadi kesalahan yang dapat merusak komponen mobil. Berikut merupakan beberapa komponen tersebut. 

            1. Komponen Motor Housing

    Komponen motor housing ini dibuat dari logam. Housing ini berbentuk tabung dan berfungsi untuk melindungi roda gigi pinion dan housing cap

            2. Komponen Drive Pinion Gear

    Drive pinion gear berbentuk roda gigi dan terletak pada ujung pinion. Komponen ini berguna untuk menghubungkan motor listrik ke engkol menggunakan flywheel

            3. Brushes

    Brush berguna untuk mengalirkan arus listrik. Arus listrik ini dikirimkan dari terminal 50 menuju ke armature coil. Brush terletak pada main motor pada mesin mobil. 

            4. Drive Lever

    Drive lever terletak pada solenoid. Ia berbentuk garpu yang bekerja menggunakan sistem tuas. Komponen ini berguna sebagai penggerak gear pada mesin mobil Anda. 

            5. Commutators

    Komponen commutators terletak pada bagian depan armature coil. Ia berguna untuk menghubungkan arus listrik dari brush ke kumparan armature. Komponen ini berbentuk tembaga yang tersegmentasi.