Berita

    Featured Image

    Kondisi Ini Bikin Kopling Wajib Diganti

    Kopling merupakan komponen mobil yang mempermudah Anda melakukan perpindahan transmisi. Penting sekali bagi Anda untuk memahami seperti apa kondisi kopling mobil rusak agar segera bisa mengambil tindakan yang tepat. 

    Sistem kopling yang mengalami kerusakan parah memang sebaiknya segera diganti. Tujuannya agar Anda bisa kembali melakukan perpindahan gigi dengan mulus selama berkendara menggunakan mobil. 

    Tanda Kopling Mobil Rusak

    Dalam berkendara, penting sekali bagi Anda untuk memahami kondisi mobil secara keseluruhan. Tidak hanya asal bisa mengemudi namun Anda juga perlu mengetahui kapan harus melakukan perbaikan pada komponen-komponen mobil yang dikendarai. 

    Termasuk salah satunya adalah komponen kopling yang punya fungsi penting saat Anda berkendara. Berikut ini ada beberapa tanda kopling yang menunjukkan kerusakan dan sebaiknya segera diganti. 

    • Muncul Bau Terbakar

    Kondisi munculnya bau terbakar yang menyengat bisa menjadi indikasi bahwa kopling mobil Anda mengalami kerusakan. Apalagi jika bau tersebut muncul dan Anda rasakan ketika kopling tidak dalam keadaan diinjak. 

    Munculnya bau terbakar tadi bisa menjadi tanda bahwa pegas kopling mobil Anda sudah melemah. Pegas tersebut tidak cukup kuat untuk menekan kampas kopling ke flywheel dan jika dibiarkan saja maka kampas kopling akan terus tergerus. 

    • Pedal Kopling Melekat dengan Posisi Tinggi

    Tanda lain yang perlu Anda waspadai adalah pedal kopling terasa melekat dengan posisinya yang tinggi. Jika kampas kopling mobil Anda mulai aus, maka biasanya pedal kopling akan terlihat jauh lebih tinggi. 

    Kondisi ini membuat jarak injak pedal kopling jadi terasa lebih pendek. Sebaiknya jangan abaikan kondisi ini dan segera lakukan perbaikan atau mengganti kampas kopling agar performanya kembali optimal. 

    • Akselerasi Mobil Menurun

    Anda juga bisa mengetahui bahwa kopling mobil rusak melalui akselerasi mesin mobil yang menurun. Jika kampas kopling mobil habis memang tenaga dari mesin tidak dapat disalurkan secara optimal pada transmisi. 

    Dalam kondisi seperti ini, kecepatan atau akselerasi mesin mobil Anda tidak akan bertambah bahkan saat Anda menginjak pedal gas. Mesin mobil justru akan berdecit dan meraung-raung sebagai tanda akselerasi melemah. 

    Tentunya kondisi semacam ini jelas-jelas sangat berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Anda harus segera melakukan perbaikan agar kondisi kopling kembali seperti semula dan bekerja optimal. 

    • Suhu Mesin Mudah Meningkat

    Kondisi lain yang bisa menjadi indikasi bahwa kopling dalam kondisi rusak dan perlu diganti adalah peningkatan suhu mesin yang cukup cepat. Apabila suhu kendaraan begitu mudah naik drastis maka Anda wajib waspada. 

    Perhatikan baik-baik seperti apa perubahan suhu mesin mobil Anda terutama ketika mobil digunakan dalam kondisi normal. Jika mesin mobil cepat sekali panas maka ini bisa jadi tanda bahwa kampas kopling sudah habis. 

    Jika kampas habis maka rotasi mesin akan meningkat. Hal ini terjadi karena permukaan kampas jadi lebih licin. Semakin cepat rotasi mesin maka akan semakin mudah juga peningkatan suhunya. 

    • Pindah Persneling Jadi Berat

    Anda juga bisa mengenali adanya tanda kerusakan lewat perpindahan persneling yang jadi lebih berat. Artinya dalam kondisi normal Anda harus mengeluarkan banyak tenaga agar bisa memindahkan persneling. 

    Jika hal tersebut terjadi, jangan tunda lagi untuk melakukan perbaikan. Pastikan kopling segera diperbaiki agar Anda bisa lebih mudah memindah persneling selama berkendara.