Berita

    Ketahui Penyebab Air Radiator Berkurang

    Air radiator berkurang akan menimbulkan masalah dan dapat membuat mesin mobil jadi panas. Untuk itu, penting bagi Anda agar menjaga kebersihan dan kapasitas air radiator agar mencukupi kebutuhan.

    Sebaiknya, sebisa mungkin jaga komponen ini dari kerusakan. Agar Anda bisa mengantisipasi kerusakan dan mencari solusi, anda harus memahami terlebih dahulu apa saja hal yang dapat menyebabkan air radiator menjadi berkurang. Terkait hal ini, ikuti pembahasan berikut!

    Ternyata Inilah Penyebab Air Radiator Berkurang!

    Berikut ini kami rangkumkan beberapa hal yang pada umumnya dapat membuat air radiator di mobil Anda jadi berkurang. 

    Jika hal-hal di bawah ini terjadi pada mobil Anda, sebaiknya jangan abaikan dan tidak menunda-nunda perbaikan. Sebab, kerusakan ini hanya akan menghambat kinerja mobil.

    • Kebocoran pada Sirip Radiator

    Jika terdapat kebocoran pada bagian ini, akan sukar bagi Anda untuk mendeteksinya. Biasanya karena kebocorannya gampang kering, hal inilah yang menyebabkan permasalahan air radiator berkurang jadi berlarut.

    Kebanyakan kejadiannya berada di kompresi mesin, bagian yang agak susah terlihat. Tak mengherankan jika orang kesulitan menemukannya dan menganggap bahwa radiatornya baik-baik saja. Namun solusi untuk hal ini adalah pengecekan berkala. 

    Tanda yang bisa ditunjukkan jika ada kebocoran di sirip radiator, biasanya bisa juga melalui busi yang basah. 

    Selain itu juga adanya pencampuran antara pelumas mesin dan air. Agar kondisi jadi tidak lebih buruk, maka Anda harus membawanya ke bengkel terdekat.

    • Kebocoran pada Water Pump

    Selanjutnya, air radiator berkurang bisa dikarenakan adanya kebocoran pada komponen water pump. Tugas komponen ini adalah memompa sirkulasi air pada mesin. Apabila water pump bocor, air radiator akan terus berkurang drastis. 

    Jika Anda tidak bergegas melakukan perbaikan, radiator bisa alami asat dan mesin pun overheat. Water pump yang rusak biasanya karena faktor pemakaian dan usia komponen, membuatnya mudah berkarat.

    Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa secara rutin mengganti air radiator dan menguras water pump. Hindari penggunaan air keran agar lebih tahan pada sifat korosif.

    • Tutup Radiator Sudah Lemah

    Pemicu terjadinya pengurangan drastis pada air radiator adalah tutupnya yang telah melemah. Hal ini bisa jadi karena karet yang sudah aus dan tidak memiliki tekanan yang rapat.