Berita

    Ketahui 6 Fungsi pushrod Pada Mekanisme Katup Mobil

    Pada komponen mekanisme katup mobil terdapat komponen yang bernama pushrod. Untuk pengertiannya sendiri push rod adalah komponen katup mobil yang berperan untuk menyalurkan tekanan dari valve filter menuju ke rocker arm.

    Jika Anda ingin mengetahui bentuk dari push rod adalah seperti batang yang berbobot ringan dan terletak di atas valve filter. Anda yang dapat melihat bagian ujung push rod pada mobil, maka nanti akan ada cekungan yang bertugas untuk menstabilkan push rod. Untuk penjelasan lebih lanjut, pahami ulasan di bawah ini!

    Fungsi pushrod Pada Mekanisme Katup Mobil

    Komponen push rod akan bekerja maksimal apabila mendapat bantuan dari komponen-komponen lainnya. Tujuan utama push rod adalah menciptakan performa keluar masuk gas mobil yang sempurna, sehingga mobil dapat berjalan dengan baik.

    Hal ini perlu Anda ketahui karena keluar masuknya gas atau udara pada push rod akan mempengaruhi kualitas komponen mesin mobil Anda. Agar lebih jelas, sebagai komponen yang termasuk ke dalam mekanisme katup OHV terdapat 6 komponen push rod lainnya yang perlu Anda ketahui berikut ini, yaitu:

            1. Crankshaft

    Pertama, terdapat crankshaft sebagai komponen dari mekanisme katup mobil. Bentuknya yang menyerupai roda gigi ini terletak di bagian ujung depan poros engkol mobil. Fungsi utama dari komponen crankshaft ini adalah sebagai pemutar poros agar pembukaan katup mobil dapat lebih sempurna.

            2. Timing Chain & Timing Belt

    Berikutnya ada komponen timing chain & timing belt yang mana keduanya berfungsi sebagai penghubung gigi sprocket dan crankshaft. Keduanya memang memiliki fungsi yang sama, namun timing chain & belt ini terbuat dari bahan yang berbeda.

    Jika timing belt dibuat dari bahan karet v-belt, yang mana kekurangannya adalah gampang putus dan kurang kuat. Sedangkan, timing chain menggunakan bahan besi yang jelas sudah lebih kuat. Walaupun kekurangannya adalah suaranya yang berisik.

            3. Valve Filter

    Komponen katup mobil pushrod berikutnya adalah valve filter yang berfungsi sebagai penekan pushrod ketika sudah mendapatkan tenaga dari camshaft. Biasanya, bahan valve filter ini adalah aluminum yang gesekannya tentu lebih kecil tenaganya.