Berita

    Featured Image

    Ini Dia Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

    Apabila usia ban mobil telah terlampau tua, maka wajiblah untuk dilakukan pergantian. Komponen ini sangatlah krusial sebab ban berhubungan dengan keselamatan pengendara mobil dan laju kendaraan. Pada intinya, ban merupakan salah satu bagian terpenting yang ada pada mobil.

    Maka demikian, keadaan ban wajib selalu terpantau oleh pemilik mobil. Namun, pertanyaannya adalah, kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian ban pada mobil?

    Sejumlah Tanda Ban Mobil Harus Diganti

    Mengetahui kalau ban merupakan bagian mobil yang langsung menghadap jalan, maka berikut adalah tanda-tanda kalau ban sebaiknya mengalami pergantian:

    • Usia Ban Telah Menginjak 3 Tahun

    Usia ban idealnya yakni 3 tahun saja. Apabila telah melebihi batas tersebut, maka Anda sebaiknya melakukan pergantian ban. Ini terlepas dari kembangannya tetap tebal sebab maupun frekuensi penggunaan kendaraan.

    • Ban Sudah Mencapai Jarak Tempuh 40 Ribu Kilometer

    Meskipun usia pemakaian ban mobil belum genap 3 tahun, ia pun seharusnya diganti apabila jarak tempuh mobil telah sampai 40 ribu kilometer. Contohnya yakni jarak tempuh telah mencapai 50 ribu kilometer dalam 2 tahun.

    Walaupun kelenturan dinilai masih baik, jarak tempuh yang terlampau jauh dapat menyebabkan ban mengalami keausan. 

    • Tapak Ban Sudah Melampaui Batas TWI 

    Masing-masing ban telah memiliki indikasi Tread Wear Indicator atau TWI. Nah, tanda ini adalah batas keausan yang legal untuk bisa tetap dipergunakan. Apabila kembangan ban telah mencapai segitiga TWI, maka sebaiknya dilakukan pergantian.

    • Ban Mempunyai Retakan

    Retakan ban pada tepian samping sudah sering dijumpai. Lazimnya hal tersebut ada sebab ban sudah kerap kontak dengan panas pada durasi yang lama. Dengan demikian, ban menjadi rusak dan mudah rapuh sebelum kadaluarsanya.

    • Ban Memiliki Gundulan di Tengah

    Tanda ban mobil harus diganti jika terdapat gundulan pada tengahnya saja, namun pada tepian kembangannya tetap bagus. Sebab hal tersebut mengindikasikan bahwa ketebalan ban telah tidak seragam lagi.

    • Ban Memiliki Gundulan di Sisi atau Tepian Tertentu

    Terdapat pula ban menipis di daerah tertentu saja. Contohnya pada tepian luar saja, tepian dalam, maupun daerah tertentu telapak ban.

    • Ban Mempunyai Benjolan