Berita

    Featured Image

    Ini Dia 4 Penyebab Knalpot Mengeluarkan Air

    Pernahkah Anda mengalami knalpot mengeluarkan air secara tiba-tiba? Jika sedang menghadapi kondisi ini, mungkin Anda merasa bingung apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

    Biasanya, kondisi ini kerap terjadi saat melintasi medan jalan yang banjir atau digenangi oleh air. Namun, ada beberapa situasi yang membuat air di dalam knalpot keluar secara terus-menerus.

    Penyebab Knalpot Mengeluarkan Air

    Untuk mengetahui penyebab knalpot bisa mengeluarkan air secara terus menerus sebenarnya ada beberapa hal yang bisa diidentifikasi. Apa saja itu?

    • Terdapat Catalytic Converter

    Kondisi pertama bisa terjadi akibat adanya Catalytic Converter yang disimpan di dalam mesin mobil. Seperti yang diketahui komponen ini bertugas untuk membuang emisi gas yang dihasilkan dari pembakaran bahan bakar kendaraan. Fungsi utamanya adalah untuk menyaring semua polutan seperti hidrokarbon, karbon monoksida, nitrogen oksida.

    Hal ini membuat gas karbondioksida keluar melalui pembuangan menjadi berkurang sehingga ketika sisa gas keluar dan terkena suhu dingin, gas tersebut berubah menjadi tetesan air. Akibatnya air keluar secara terus menerus dari knalpot mobil.

    • Reaksi Kondensasi

    Kondisi selanjutnya bisa terjadi akibat reaksi kondensasi di dalam knalpot mobil. Seperti yang diketahui, reaksi kondensasi adalah suatu reaksi adisi organik yang berlangsung secara bertahap untuk menghasilkan produk adisi. Produk dari reaksi ini biasanya dalam kesetimbangan, dan suatu molekul air.

    Reaksi Kondensasi

    Kondisi ini bisa terjadi karena perbedaan temperatur di dalam dan di luar mobil. Contoh kasusnya yang sering terjadi adalah ketika mobil parkir semalaman. Kemudian mobil dipanaskan dan membuat air menetes dari knalpot mobil karena adanya perbedaan suhu di luar mobil.

    • Kerusakan Piston Mobil

    Penyebab knalpot mengeluarkan air juga bisa diakibatkan gejala kerusakan pada piston mobil. Piston merupakan salah satu komponen penting pada mesin mobil karena memiliki fungsi-fungsi vital seperti mengatur volume silinder, mendorong gas sisa pembakaran keluar, dan mengubah daya ekspansi pembakaran menjadi energi mekanik.

    Pada beberapa kasus, ini bisa terjadi saat knalpot mobil mengeluarkan air dan asap secara bersamaan. Gejala lainnya yang timbul adalah seperti terciumnya aroma kurang sedap seperti bau kebakaran dari knalpot mobil. Jika sudah mengalami kondisi ini, sebaiknya, segera bawa ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi profesional.

    • Lintasan Genangan Air

    Seperti yang telah disebut pada paragraf pertama, knalpot yang mengeluarkan air sangat umum terjadi akibat mobil melintasi genangan air. Misalnya mobil sedang berkendara saat hujan atau melewati area banjir. Kondisi ini juga bisa terjadi saat mobil dicuci sehingga sisa air terendam di dalam knalpot mobil. 

    Hal ini wajar terjadi jika knalpot mobil mengeluarkan sisa air tersebut ketika mesin dibunyikan. Hanya saja kondisi ini jangan dibiarkan begitu saja karena bisa menimbulkan masalah yang fatal pada bagian knalpot kendaraan.

    Demikian penjelasan mengapa knalpot bisa mengeluarkan air saat mobil dihidupkan. Beberapa gejala yang timbul ini penting untuk diketahui agar Anda mampu mendeteksi kerusakan sehingga bisa diperbaiki segera ke bengkel terdekat.

    Knalpot mengeluarkan air merupakan kondisi yang umum terjadi dan bisa diatasi dengan mudah. Yang paling penting, Anda perlu melakukan perawatan dan pengecekan mesin secara berkala agar knalpot mobil tetap berfungsi dengan optimal.