Berita

    Fungsi dan Cara Kerja kaliper Rem Mobil

    Setiap mobil tentu memiliki rem yang berfungsi untuk menghentikan kendaraan salah satunya yaitu rem cakram. Rem ini termasuk alat vital yang wajib berfungsi pada setiap kendaraan. Ada beberapa bagian dari rem cakram yang memiliki fungsi penting pada mobil di antaranya yaitu kaliper rem.

    Apa itu kaliper pengereman mobil? kaliper rem mobil merupakan salah satu bagian dari rem cakram yang bergerak untuk mencengkeram kampas rem dan berfungsi memperlambat gerak roda mobil dengan menciptakan gesekan dengan rotor rem. kaliper ini dipasang menjepit rotor rem agar roda tidak berputar ketika direm. 

    kaliper rem terbagi menjadi dua bagian yaitu kaliper mengambang dan tetap. 

    Fungsi kaliper Rem pada Mobil

            1. Mentransmisikan Gaya Dorong

    Posisinya yang mencengkram piringan cakram membuat kaliper berfungsi untuk menyalurkan gaya dorong ke rotor mobil dengan bantuan piston. Karena gaya dorong tersebutlah mobil akan langsung berhenti perlahan saat Anda menginjak rem mobil Anda. 

            2. Mencengkeram Piringan Rem

    Pada bagian kaliper terdapat piringan cakram yang perlu ditekan supaya mobil dapat berhenti ketika direm. Nah komponen yang membantu menekan piringan cakram pada kaliper disebut dengan kampas rem. 

    Saat Anda menginjak rem akan terjadi gesekan antara kampas dan piringan disinilah kampas akan menekan piringan sehingga mobil terhenti segera saat Anda mengerem.

            3. Mengehentikan Roda Rem

    Fungsi utama selain mencengkeram rotor mobil, kaliper juga bertugas untuk mengurangi kecepatan gerakan roda saat Anda menginjak rem sehingga roda berhenti berputar ketika direm. 

            4. Mengatur Rem 

    Saat Anda berkendara dengan kecepatan tinggi dan Anda bisa berhenti dengan tepat ketika pengereman merupakan salah satu hasil kerja dari kaliper. Bersama dengan komponen lain kaliper berfungsi mengatur proses pengereman kendaraan. 

    Cara Kerja kaliper Rem Mobil

    Cara kerja dari kaliper yaitu saat Anda menginjak pedal rem maka piston kecil akan menekan cairan rem di master silinder yang terhubung dengan kaliper. Gaya pada minyak rem yang dihasilkan akan disalurkan menuju kaliper rem. 

    Ketika di kaliper rem, piston akan melipatgandakan gaya dan mendorong bantalan rem ke dalam piringan cakram. Pada kaliper mengambang piston akan mendorong rem dalam sehingga kaliper menjauh dari rotor dan roda pun berhenti. Sedangkan pada kaliper tetap yang bertugas menekan kampas adalah piston.