Berita

    Featured Image

    Ada Retakan Kecil pada Kaca Mobil? Ini yang Harus Dilakukan

    Jangan biarkan kaca mobil retak sampai menjalar karena jika kondisinya tidak terlalu parah masih bisa diperbaiki sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan dengan resin, menggunakan bahan alami, atau bahan lainnya. 

    Sebaliknya, jika dibiarkan maka retakan kaca tersebut akan semakin melebar dan berpotensi harus diganti demi keamanan dan kenyamanan pengendara dan penumpang. 

    Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menghilangkan retakan kecil pada kaca mobil? Berikut informasinya. 

    Solusi Jitu Mengatasi Kaca Mobil Retak Kecil dengan Resin 

    Tidak perlu khawatir jika kaca mobil ada keretakan kecil. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tingkat keretakan kaca. Kerusakan kaca mobil bisa diperbaiki sendiri apabila memenuhi beberapa persyaratan, antara lain: 

    • Lokasinya bukan berada di sudut atau retakan berada di area tengah kaca mobil. 

    • Panjang retakan kaca tidak panjang (kurang dari 14 inci atau maksimal 10 inci). 

    • Kaca mobil retak tidak sampai menembus hingga bagian dalam kabin. 

    • Posisi retakan tidak sampai mengenai sensor. 

    Apabila telah memenuhi syarat-syarat tersebut, Anda bisa langsung melakukan perbaikan pada kaca mobil yang mengalami retakan kecil. 

    Salah satu cara yang kerap digunakan adalah dengan menyuntikkan resin ke bagian kaca yang mengalami keretakan dengan cara sebagai berikut: 

    • Bersihkan Kaca

    Sebelum memperbaiki kaca mobil yang retak, langkah pertama adalah melepas kaca film dan membersihkan area kaca yang retak (coating kaca mobil). 

    Sebab, serpihan kecil kaca, debu, dan berbagai kotoran yang menempel akan menghalangi proses perbaikan. Anda bisa membersihkan sekitar retakan kaca dengan sikat kecil atau kanebo yang telah dibasahi dengan air. 

    Bersihkan Kaca

    Bisa juga dengan menyiram kaca dengan air secukupnya lalu lap menggunakan kain bersih, tisu, atau kain microfiber. Tunggu beberapa menit sampai kaca benar-benar kering sempurna sebelum melanjutkan ke tahap kedua. 

    • Melubangi Kaca dengan Bor

    Setelah area kaca mobil retak bersih dan kering sempurna, siapkan alat bor dan mulailah melubangi sekitar kaca yang retak. 

    Proses pengeboran kaca ini harus dilakukan dengan hati jangan sampai terlalu dalam karena bisa memperparah kerusakan kaca. 

    • Menyuntikkan Resin

    Langkah ketiga adalah menyuntikkan resin (lem kaca) ke sekitar kaca yang retak. Proses memasukkan resin ini membutuhkan kesabaran dan ketelitian yang tinggi. 

    Jadi, lakukan secara perlahan dan hati-hati karena resin yang meluber dan tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bekas. 

    Setelah selesai, diamkan 3-4 jam sampai cairan resin tersebut mengeras. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan penyinaran dengan sinar UV

    • Meratakan Cairan Resin 

    Langkah terakhir adalah melakukan pemerataan resin dengan cara memasang kaca film baru yang berkualitas agar hasil perbaikan terlihat lebih sempurna. 

    Bahan Selain Resin untuk Menghilangkan Retakan Pada Kaca Mobil

    Selain resin, Anda bisa menggunakan beberapa bahan berikut ini untuk menghilangkan retakan kecil pada kaca mobil.  

    • Mengoleskan pasta gigi atau putih telur untuk mengisi celah retakan kaca dan biarkan mengering sebelum dibilas menggunakan air bersih. 

    • Mengoleskan larutan minyak kayu putih dan cuka yang dibiarkan selama beberapa menit sampai meresap lalu dibilas dengan air bersih. 

    • Menempelkan kaca film ke bagian dalam kaca mobil yang mengalami retakan dan dibiarkan sampai mengering. 

    Fungsinya adalah untuk menguatkan kaca mobil yang mengalami keretakan sekaligus mencegah retakan tidak semakin meluas serta meminimalisir kaca pecah ketika terjadi benturan. 

    • Menempelkan lakban ke area luar kaca mobil yang mengalami keretakan dengan pola segitiga agar tidak semakin parah. 

    Opsi terakhir ini merupakan cara praktis yang hanya bisa digunakan sementara sebelum melakukan perbaikan jika sudah memungkinkan. 

    Kaca mobil retak yang kondisinya tidak terlalu parah memang bisa diperbaiki sendiri namun hasilnya belum tentu terlihat sempurna. Jika ingin hasil yang maksimal sebaiknya serahkan perbaikan kaca mobil yang retak pada bengkel spesialis.