Website Resmi United Motors Centre

Berita

Kumpulan informasi terbaru dari Suzuki hingga tips dan trik berkendara ada disini.

    Banner Image Mobile Banner Image

    Timing Belt: Fungsi & Tandanya Perlu Diganti

    Timing belt (sabuk gilir) atau biasa juga disebut timing chain adalah salah satu komponen di ruang mesin mobil yang berbentuk seperti belt (sabuk) bergerigi dari bahan karet. Salah satu fungsinya yaitu untuk mengatur mekanisme buka tutup katup mesin secara otomatis.

    Sebagaimana komponen mesin lain, timing chain juga perlu dirawat secara berkala agar tetap awet dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Sebab jika komponen ini putus, akan terjadi benturan antara piston mesin dan katupnya, sehingga rusak dan tidak lagi bisa digunakan.

    Apa Itu Timing Belt dan Fungsinya

    Sederhananya, komponen ini adalah sebuah sabuk bergerigi dari bahan karet yang merupakan bagian dari mesin pembakaran. Sabuk ini bekerja dengan cara menyelaraskan putaran antara camshaft dan crankshaft agar katup mesin membuka dan menutup pada waktu yang tepat.

    Timing chain terdiri atas valve intake dan valve exhaust yang digerakkan oleh camshaft, dan masing-masing berfungsi sebagai jalan masuk dan jalan keluar udara di proses pembakaran. Dengan rangkaian seperti itu, fungsi utama komponen ini adalah sebagai berikut.

    • Menggerakkan Camshaft (Noken As)