Website Resmi United Motors Centre

Berita

Kumpulan informasi terbaru dari Suzuki hingga tips dan trik berkendara ada disini.

    Banner Image Mobile Banner Image

    Shock Absorber Mobil : Fungsi, Cara Kerja & Jenisnya

    Shock absorber adalah salah satu komponen yang terdapat pada mobil dalam memberikan kenyamanan saat berkendara sebagai sistem kerja suspensi. Mobil dengan gerakan berlebih tanpa peredam akan terasa tidak nyaman dan sangat disayangkan karena tidak memanfaatkan shock absorber dengan baik.

    Fungsi shock absorber mobil adalah sebagai peredam osilasi pegas atau secara sederhana meredam getaran berlebih. Mobil akan terasa nyaman saat berjalan pada kondisi jalanan yang rata maupun bergelombang. Selain itu, shock absorber mobil juga mampu meminimalisir energi aksial yang berasal dari impuls kejut menjadi energi panas, dan menambah ketinggian kendaraan.

    Shock absorber tersusun atas beberapa komponen utama yang masing-masing memiliki fungsinya tersendiri, seperti silinder sebagai medium pelumasan, piston sebagai kompresi fluida, piston rod sebagai penghubung antara piston dengan roda, piston valve sebagai pemutus piston atas dengan piston bawah, dan fluida sebagai pelumas serta peredam osilasi.

    Simak penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja shock absorber pada dua kondisi yang berbeda serta jenis-jenisnya yang beragam berikut ini.