Berita

    Tidak Banyak Yang Tahu, Ini Dia Fungsi Dari Engine Flush

    Merawat mesin mobil kesayangan tentunya dengan rutin melakukan penggantian oli. Tapi seringkali pemilik mobil dihadapkan pada penggunaan engine flush ketika mengganti oli mesin yang lamanya. Komponen ini mempunyai fungsi utama untuk membantu menghilangkan kotoran pada kerak oli dan bagian mobil lainnya. Di bawah ini Anda bisa mengetahui lebih lanjut terkait komponen tersebut.

    Mengenal Engine Flush

    Mobil yang sering digunakan pasti akan membuat komponen di dalamnya menjadi kotor pada kerak oli. Apabila Anda tidak segera membersihkannya, dikhawatirkan komponennya akan rusak dan harus diganti sehingga mengeluarkan biaya. Karena itu, dibutuhkan cairan untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut.

    Selain itu, Anda pasti pernah mengalami yang namanya oil sludge bukan? Oil sludge adalah suatu kondisi di mana oli pada mesin mengalami perubahan bentuk dan warna menjadi kental kecoklatan seperti bubur. Karena itu, Anda membutuhkan cairan ini untuk membersihkannya.

    Cairan ini biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran berupa endapan oli yang menempel pada mesin. Anda bisa menggunakan cairan ini secara berkala, tetapi jangan berlebihan karena hal itu dapat menyebabkan overheat dan penyumbatan pada saluran pelumas.

    Anda bisa mengatur kapan waktunya memberi cairan ini agar komponen kendaraan bisa bekerja dengan baik dan menghasilkan performa yang maksimal. Misalnya ketika terjadi pengurasan oli yang jumlahnya tidak maksimal, Anda bisa menggunakan cairan ini. 

    Fungsi Engine Flush

    Tidak hanya untuk membersihkan endapan serta kerak dalam mesin kendaraan, engine flush juga memiliki beberapa fungsi lainnya yaitu sebagai berikut:

    • Membuat komponen kendaraan memiliki performa yang baik

    Yang pertama yaitu untuk membuat komponen pada kendaraan menghasilkan performa yang baik. Bayangkan jika kotoran-kotoran tersebut terus mengendap di bagian mesin, tentu kendaraan tidak akan bisa bekerja dengan baik. 

    • Menjaga suara mesin

    Salah satu tanda bahwa mesin kendaraan Anda bisa bekerja dengan baik adalah menghasilkan suara yang halus. Akan tetapi jika mesin menghasilkan bunyi yang tidak biasa, itu salah satu tandanya harus diberi cairan flush.

    • Melindungi Mesin Dari Kerak

    Fungsi lain dari engine flush adalah menghalangi endapan kotoran menempel pada bagian mesin. Cairan dengan bentuk kemasan ini akan membersihkan endapan pada mesin hingga bersih. Jadi ketika Anda menggunakan mobil, mesin akan tetap dalam kondisi bersih.

    • Menjaga Kompresi Mesin

    Kompresi mesin adalah besarnya rasio volume yang dihasilkan selama proses pembakaran. Proses ini tidak akan terganggu apabila Anda rutin memberikan cairan untuk menghilangkan kotoran pada mesin. Selain itu, komponen lain seperti kring oil piston juga tidak akan mengalami kemacetan.

    • Membersihkan Karbon dan Sludge

    Karbon dan sludge merupakan salah satu komponen lain yang terdapat pada mobil dan letaknya ada di ring piston. Selain bisa digunakan untuk membersihkan mesin, cairan ini juga dapat menghilangkan kotoran pada karbon dan sludge. 

    Sebenarnya ada cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak kotoran pada mesin mobil, akan tetapi engine flush ini kualitasnya lebih bagus. 

    Itulah fungsi dari engine flush yang mungkin anda baru mengetahuinya. Mungkin bagi anda yang masih awam akan sulit dimengerti. Namun tenang saja, di bengkel resmi suzuki hadir untuk membantu anda dalam mengatasi engine flush. Anda tinggal mengunjungi website nya di https://www.suzukiumc.co.id/