Berita

    Thermostat: Fungsi, Cara Kerja dan Perawatannya

    Mesin yang bekerja pada mobil memiliki suhu sangat tinggi sehingga diperlukan sistem pendinginan terbaik.

    Oleh karena itu, dibutuhkan satu komponen yang memiliki peran untuk menjaga suhu mesin tetap dingin dan stabil. Salah satu komponen tersebut adalah thermostat pada mobil untuk mendinginkan suhu mesin.

    Thermostat adalah salah satu komponen yang memiliki fungsi mengatur sirkulasi pendinginan mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin. Sementara sistem pendinginan mesin berfungsi supaya temperatur di dalam mesin tetap berada pada kondisi yang ideal. Thermostat terletak di dalam saluran air yang berasal dari mesin ke radiator.

    Idealnya, suhu pada mesin saat beroperasi berada pada kisaran 80-92 derajat celcius. Pada suhu ini, proses pembakaran pada mesin sangat optimal dan tenaga mesin berada pada kondisi terbaik sehingga konsumsi BBM akan lebih efisien.

    Sebagai salah satu komponen pendingin mesin, cara kerja thermostat juga akan mengikuti kinerja komponen pendingin mesin yang lain. Pertama, water pump akan memompa air menuju ke mesin yang mengalir melalui water jacket.

    Pada tahap ini air akan mengalir di sekitar mesin untuk menangkap suhu panas yang ada di dalam mesin. Kemudian air akan keluar melalui selang dan kemudian air akan masuk ke bagian atas radiator.

    Pada proses ini suhu mesin turun karena terbawa air pendingin yang terdapat di radiator. Suhu panas yang masuk ke dalam radiator tersebut nantinya akan dilepaskan melalui kisi-kisi radiator untuk kemudian didinginkan oleh kipas di balik radiator.

    Air yang sudah turun suhunya tersebut pun akan keluar dari selang yang terdapat pada bagian bawah radiator untuk selanjutnya kembali dipompa menuju mesin dan melakukan proses penurunan suhu mesin kembali. Proses ini terjadi secara berulang kali saat mesin bekerja terutama pada saat mesin berada dalam suhu maksimal.

    Namun ketika mesin dalam kondisi yang dingin maka air yang berputar tersebut akan tertutup oleh thermostat. Tujuannya adalah agar sirkulasi air tidak berjalan melalui radiator sehingga mesin mobil dapat mencapai suhu optimal.

    Thermostat baru akan terbuka pada suhu 850-900 derajat celcius untuk memberikan jalan ke air pendingin melakukan proses pendinginan mesin yang melewati radiator. Secara mudahnya, thermostat berperan sebagai sakelar pada sistem pendinginan mobil. Pada saat yang dibutuhkan, thermostat akan bekerja untuk mengatur proses pendinginan mesin.

    Jenis Thermostat Pada Mobil

    Ada beberapa jenis thermostat yang ada pada mobil yaitu tanpa katup bypass dan dengan katup bypass. Dan berikut adalah perbedaanya

    • Thermostat Tanpa katup Bypass

    Mobil dengan tahun tua biasanya menggunakan thermostat tanpa katup bypass. Thermostat ini biasanya ditemukan pada saluran masuk radiator dan belum dilengkapi saluran cadangan yang dapat membuat air pendingin mengalir saat ada kerusakan. Air akan terjebak di radiator dan water jacket saat mesin mobil pada kondisi dingin.

    Meski sudah kuno namun thermostat jenis ini tetap memiliki keunggulan tersendiri. Salah satunya adalah hargaya yang terbilang murah. Namun, bila terjadi kerusakan, thermostat tanpa katup bypass tidak memiliki saluran pengaman. Selain itu tidak ada saluran air yang akan menjadi pendingin saat mesin mobil berada pada suhu tinggi.

    • Thermostat Dengan Katup Bypass

    Untuk Thermostat dengan katup bypass sudah umum ditemui pada mobil keluaran terbaru. Thermostat jenis ini dapat ditemui pada saluran keluar radiator dan memiliki katup bypass yang menjadi satu dengan thermostat.

    Pada jenis ini water coolant tidak dapat bersirkulasi pada radiator namun akan mengalir dari water jacket menuju thermostat yang akan masuk ke dalam water pump dan pompa kembali menuju water jacket. Kelebihan dari thermostat dengan katup bypass ini adalah terdapat saluran pengaman saat ada kerusakan dan dapat segera mendinginkan suhu mesin yang panas karena memiliki katup bypass.

    Namun thermostat jenis ini memiliki harga yang terbilang tinggi karena konstruksinya terbilang cukup rumit dibandingkan thermostat tanpa katup bypass. Meski demikian, rasanya harga yang mahal tersebut memang sebanding dengan teknologi yang ditawarkan.

    Kunjungi bengkel resmi Suzuki di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Booking segera jadwal servis anda pada halaman Service di website www.suzukiumc.co.id

    Tak hanya itu, pelanggan juga tidak perlu khawatir terhadap kualitas suku cadang. Hal ini karena Suzuki menjamin bahwa sparepart yang digunakan adalah asli sehingga daya tahannya akan lebih terjamin.