Berita

    Simak Simak Ciri-Ciri Selenoid Mobil Matic Rusak & Solusinya

    Selenoid mobil matic adalah salah satu komponen spare part pada mobil yang wajib diperhatikan bagi para pengemudi. Jangan sampai Anda tidak menyadari ciri-ciri kerusakan dari selenoid matic itu sendiri. 

    Oleh sebab itu, agar perawatan mobil Anda tetap optimal, kenali terlebih dahulu apa saja tanda-tanda. Serta solusi mengatasi kerusakan pada selenoid matic. Berikut simak penjelasan selengkapnya!

    Ciri-Ciri Selenoid Mobil Matic Rusak

    Untuk memastikan apakah mesin selenoid matic masih berfungsi dengan baik, pastika Anda mengetahui apa saja tanda-tanda sparepart ini mengalami kerusakan. Adapun ciri-ciri selenoid mobil yang rusak diantaranya adalah sebagai berikut!

            1. Tarikan Terasa Berat

    Ciri-ciri yang bisa Anda kenali dari awal adalah ketika tarikan terasa berat. Hal ini bisa dirasakan saat mesin terasa bergetar ketika pedal gas diinjak dan pedal rem dilepas. Ciri-ciri ini bisa terjadi apabila selenoid sudah rusak parah. Namun, masalah ini bisa juga disebabkan oli mobil yang bermasalah. Oleh sebab itu, Anda perlu mengecek kedua komponen ini.

            2. Suara Terdengar Aneh

    Ciri kerusakan pada selenoid matic juga dapat Anda dengar dari munculnya suara mesin yang aneh. Apabila suara di tuas transmisi terdengar aneh pada saat pindah gigi, ini juga bisa dikenali dengan tanda selenoid mengalami kerusakan.

            3. Terjadi Hentakan saat Pindah Gigi

    Selain suara mesin kendaraan yang terdengar aneh, apabila pada saat pindah gigi kemudian terjadi hentakan secara tiba-tiba, maka Anda perlu waspada. Hal ini bisa disebabkan selenoid yang rusak atau bocor sehingga oli tidak melumasi seluruh mesin dengan baik.

            4. Kendaraan Hilang Tenaga

    Selenoid matic yang rusak juga bisa dilihat ketika mobil tiba-tiba kehilangan tenaga. Misalkan tenaga mobil melemah saat melalui jalan menanjak. Jika kerusakan sudah parah, kecepatan pada mesin mobil juga bisa menurun drastis.

    Solusi Selenoid Mobil Matic Rusak

    Setelah mengetahui apa saja ciri-ciri selenoid matic yang rusak, tentu Anda perlu mencari solusi untuk mengatasi masalah kerusakan pada kendaraan mobil Anda. Adapun solusi ini perlu dilakukan saat  selenoid mengalami kerusakan diantaranya adalah:

            1. Pengecekan Mesin Secara Berkala

    Solusi agar selenoid matic tidak rusak adalah dengan melakukan pengecekan spare part secara berkala. Umumnya, kendaraan mobil memang harus melakukan pengecekan mesin setidaknya 1 bulan sekali. Oleh sebab itu, untuk mencegah kerusakan pada selenoid ini Anda wajib mengecek mesin dan memastikan bahwa spare part yang digunakan masih berfungsi dengan baik.