Berita

    Simak Mengenal Arti Warna Kabel Mobil dan Fungsinya!

    Dalam sistem kelistrikan mobil, terdapat berbagai macam kabel sebagai penyusunnya. Mengenal arti warna kabel mobil dan fungsinya menjadi kebutuhan yang tak terhindarkan bagi pengendara mobil.

    Kabel mobil ini juga berperan penting dalam menyalurkan tenaga listrik pada seluruh komponen mobil yang membutuhkannya. Kabel-kabel yang ada di dalam mobil memiliki warna dan fungsinya sendiri-sendiri. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

    Arti Warna Kabel Mobil dan Fungsinya

    Pada dasarnya, kabel yang menyusun sistem kelistrikan pada mobil memang dirancang dalam berbagai warna agar mudah dibedakan berdasarkan fungsinya. Jika terjadi suatu permasalahan, Anda langsung mengetahui kabel mana yang harus diperiksa dan diperbaiki.

    Perbedaan warna kabel ini terbagi menjadi dua kategori. Kategori pertama adalah kabel yang hanya menggunakan satu warna dan ada kategori kedua dimana satu kabel memiliki dua warna yang berbeda.

    • Kabel dengan Warna Tunggal

    Pada dasarnya, kabel pada sistem kelistrikan mobil dengan warna tunggal berjumlah 15 warna kabel berbeda. Kabel-kabel dengan warna tunggal ini memiliki fungsi yang berbeda-beda.

    Kabel berwarna hitam adalah kabel yang fungsinya pada sistem starting and ground. Sementara itu, kabel berwarna putih adalah kabel yang memiliki fungsi untuk sistem pengisian. Sedangkan kabel berwarna merah merupakan kabel yang berhubungan dengan sistem pencahayaan.

    Kabel berwarna tunggal kuning adalah kabel pada panel instrumen. Di sisi lain, kabel berwarna coklat adalah kabel yang berkaitan dengan sinyal ECU. Sementara itu, kabel hijau adalah kabel untuk sensor ECU.

    Selanjutnya, kabel berwarna biru merupakan kabel dengan peruntukan kelistrikan lainnya. Begitu pula dengan kabel berwarna hijau muda, warna oranye, warna abu-abu, warna merah muda, warna biru langit, warna nila, warna perak, dan warna ungu.

    • Kabel dengan Dwi Warna

    Jika kabel satu warna berfungsi untuk sistem utama kelistrikan pada mobil, kabel-kabel dengan dua warna memiliki fungsi yang tak kalah pentingnya.

    Kabel dengan dua warna berbeda terdiri dari kabel dengan gabungan warna merah hitam, biru putih, putih merah, dan hijau hitam.

    Warna yang pertama disebutkan menjadi warna dominan sementara warna berikutnya adalah warna penanda. Warna penanda ini biasanya dalam bentuk strip pada isolator kabelnya. 

    Tips Sederhana Merawat Kabel Mobil