Berita

    Ketahui Fungsi & Perawatan Evaporator AC Mobil

    Salah satu bagian penting dari mobil yang membantu menjaga udara tetap dingin adalah evaporator AC mobil. Komponen ini akan menyerap udara panas di kendaraan kemudian menghembuskan udara yang jauh lebih dingin.

    Fungsi Evaporator AC Mobil

    Mari kenali dulu apa fungsi dari komponen ini. Evaporator ini bertugas untuk mengeluarkan hawa sejuk di bagian kabin mobil. Komponen ini membantu AC bekerja dengan baik dalam menyerap hawa panas dan menyemburkan udara dingin. 

    Evaporator ini memiliki sistem kerja yang berkebalikan dengan kondensor AC. Jika kondensor akan menyerap udara dingin dan membentuk udara panas, maka evaporator akan melakukan sebaliknya.

    Evaporator AC ini menjadi komponen yang membantu mendinginkan freon. Freon yang disemprotkan dari bagian expansion valve akan didinginkan oleh udara dari evaporator. Itulah mengapa udara di kabin mobil bisa jadi dingin saat AC dinyalakan. 

    Komponen ini berada di bagian bawah dashboard mobil. Hanya saja ada beberapa tipe mobil yang letak evaporatornya berbeda. Sangat penting untuk mengetahui letak evaporator ini agar bisa langsung mengecek kondisinya. 

    Mengingat fungsi penting dari evaporator AC ini maka sudah jelas bahwa komponen ini harus dirawat dengan baik. Jika tidak maka fungsinya akan terganggu. Secara otomatis mobil tidak akan mendapatkan udara dingin dan terasa tidak nyaman. 

    Cara Perawatan

    Apa saja yang bisa dilakukan untuk merawat komponen mobil yang satu ini? Berikut adalah beberapa langkah perawatan yang dapat Anda terapkan:

    • Lakukan Pemeriksaan pada Sistem AC

    Langkah pertama yang sangat penting untuk dilakukan demi merawat evaporator ini adalah periksa secara rutin. Lakukan pemeriksaan sistem AC secara berkala, paling tidak setahun sekali. 

    Sistem AC perlu dikontrol secara rutin mengingat komponen ini cukup sering digunakan setiap kali Anda berkendara. Dalam proses pemeriksaan tersebut, biasanya akan dicek bagian penting AC termasuk evaporator.

    Jika diketahui ada kerusakan sistem maka bisa langsung diperbaiki. Jadi tidak perlu menunggu lama dan menyebabkan kerusakan yang jauh lebih parah. 

    • Bersihkan Filter Udara

    Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk merawat evaporator AC mobil adalah bersihkan filter udara. Ini juga penting karena filter udara ini bertugas menyaring berbagai debu dan kotoran yang masuk ke sistem AC mobil.