Berita

    Bukan Cuman Pemanis, Ternyata Ini Fungsi Hand Grip pada Mobil

    Ada banyak fitur-fitur yang terlihat hanya sebagai pemanis atau pajangan di dalam mobil. Salah satunya adalah hand grip mobil. Hampir di semua mobil baik untuk penumpang depan atau belakang, pasti tersedia pegangan tangan ini. Namun, sebenarnya apa fungsi dari pegangan tersebut? Inilah ulasan dari fungsi hand grip pada mobil:  

            1. Menjaga agar Posisi Duduk Tidak Bergeser dan Tetap di Tempatnya

    Fungsi pertama yang mungkin sudah diketahui banyak orang adalah menjaga supaya posisi duduk penumpang tidak bergeser ketika terjadi guncangan atau sedang melakukan manuver di jalanan berkelok.  

    Bila tidak ada pegangan tangan tersebut, ketika mobil melalui jalanan bergeombang atau rusak, penumpang yang di dalamnya pun akan ikut berguncang dan bergeser dari tempat duduknya. Keadaan di dalam mobil bisa jadi kacau.  

    Hand grip mobil juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga agar tubuh tetap tegak di bangku selama melewati jalanan yang curam menurun.  

    Kendati ada pegangan tangan, Anda tetap harus mengenakan sabuk pengaman agar lebih aman dan nyaman selama perjalanan. Ketika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, Anda dan penumpang lainnya pun bisa tetap terjaga keselamatannya.  

    Selain itu, hand grip juga bisa berbahaya sewaktu kecelakaan terjadi sebab tangan dapat mengalami cedera saat terjadi benturan, tabrakan, atau parahnya mobil terbalik. Untuk itu, gunakan hand grip ketika diperlukan saja.  

    Namun, hand grip hanya disarankan untuk digunakan oleh penumpang di bagian depan atau belakang dan tidak untuk pengemudi. Sebab, kedua tangan pengemudi harus tetap berada di setir selama mengemudi. Tujuannya, agar keselamatan semua orang di dalam mobil tetap terjaga.  

            2. Membantu Penumpang agar Lebih Mudah untuk Keluar Masuk Mobil

    Pegangan tangan pada mobil juga berfungsi untuk membantu para penumpang agar lebih mudah dalam keluar masuk mobil. Ini bisa dipakai untuk para orang tua yang kesusahan untuk naik turun dari mobil.  

    Ketika Anda memiliki mobil seperti Toyota Alphard atau Toyota Fortuner yang mana dudukan lebih tinggi posisinya dari mobil lainnya, maka pegangan tangan ini akan sangat bermanfaat.  

    Hand grip juga dapat menjadi pegangan ketika hendak turun dari mobil. Dengan begitu, tubuh akan lebih stabil dan bisa turun dengan selamat tanpa harus terjatuh atau terkilir.  

    Namun, Anda perlu hati-hati dan memperhatikan posisi tangan ketika hendak keluar masuk mobil. Segera lepas tangan dan hand grip setelah masuk dan duduk di mobil untuk menghindari tangan tergencet pintu mobil atau terkilir lantaran salah dalam mengambil pegangan.  

            3. Perhatikan Jika Tidak Semua Mobil Memiliki Pegangan Tangan

    Tidak semua mobil di pasaran akan memiliki pegangan tangan sebagai bagian dari interior mobil. Anda bisa memasangnya sendiri jika mobil kesayangan tidak memilikinya.  

    Umumnya, mobil-mobil SUV (Sport Utility Vehicle) atau MPV (Multi Purpose Vehicle) yang mempunyai hand grip. Untuk mobil-mobil SUV atau MPV modern, pegangan tangan hanya ada di bagian penumpang yang mana posisinya sudah disesuaikan dengan tempat duduk agar nyaman digunakan.  

    Itulah fungsi dari hand grip mobil yang perlu Anda ketahui. Jika di dalam mobil belum ada dan memerlukannya, Anda bisa membawanya ke bengkel resmi Suzuki untuk dipasang. Begitu pula jika mengalami kerusakan, segera bawa ke bengkel resmi Suzuki. Jadwalkan kunjungan booking service anda dengan mengunjungi website nya di https://www.suzukiumc.co.id/ untuk mendapatkan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda.