Berita

    Biar Nyaman Saat Melewati Polisi Tidur, Ikuti Tips Ini

    Setiap kali melewati jalanan di dalam perumahan atau perkampungan, Anda mungkin sering menjumpai banyaknya polisi tidur yang terpasang. Gunanya, untuk melindungi anak-anak dan warga sekitar dan pengemudi pun dapat melambatkan kecepatannya. 

    Namun, keberadaan polisi tidur atau speed bump membuat pengendara dan penumpang di dalam mobil tidak nyaman. Terlebih jika Anda menemui polisi tidur yang cukup tinggi. 

    Nah, agar bisa melewati polisi tidur dengan nyaman dan aman, ikuti tips ini ya. 

    1. Hindari Mengerem Mendadak

    Menggunakan kendaraan apa pun–baik roda dua atau roda empat– ketika melintasi polisi tidur, sebaiknya tidak mengerem mendadak. Anda bisa mengambil ancang-ancang di jarak 5 - 10 meter sebelumnya. 

    Alternatif terbaiknya, Anda bisa mulai mengurangi kecepatan kendaraan begitu memasuki area perkampungan dan bersiap-siap untuk mengerem ketika melihat ada polisi tidur di depan meskipun jaraknya masih agak jauh.  

            2. Gunakan Teknik Menyamping Atau Diagonal Saat Melintas Menggunakan Motor

    Seperti yang sudah Anda ketahui jika banyak sekali pembuatan speed bump di area kampung atau perumahan yang tidak sesuai peraturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Polisi tidur terlalu tinggi atau lebar dari ukuran seharusnya. 

    Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda dapat melintasinya dengan teknik diagonal atau melintas dalam posisi menyamping. Namun, ini hanya bisa dilakukan jika keadaan jalanan lengang atau tidak ada kendaraan lain dari arah sebaliknya. 

            3. Selalu Menjaga Jarak dengan Kendaraan Lain

    Tidak hanya di jalan besar saja Anda harus menjaga jarak dengan kendaraan lainnya. Sewaktu melintasi area perkampungan dengan jumlah speed bump yang banyak, juga perlu untuk menjaga jarak. 

    Tujuannya, agar Anda bisa melihat jelas letak polisi tidur dan menghindari tabrakan dengan pengendara lainnya. Sebab, ketika melintasi polisi tidur, sudah pasti kecepatan akan diturunkan hingga terendah. 

            4. Pelan-Pelan dan Sabar, Jangan Langsung Asal Tancap Gas

    Meskipun ada banyak kondisi polisi tidur yang berukuran kecil dan landai, tetapi bukan berarti bisa membuat Anda bebas tancap gas. 

    Tips melewati polisi tidur yang tepat adalah pelan-pelan dan bersabar. Mau bentuknya landai atau tinggi, Anda tetap harus mengurangi kecepatan saat melewatinya, jangan langsung asal tancap gas. 

    Pasalnya, menggunakan kecepatan tinggi ketika melintas di atas polisi tidur dapat membuat mesin suspensi kendaraan terganggu. Shockbreker bisa cepat aus serta karet ball join pun bisa rentan robek. 

            5. Jika Memungkinkan, Cari Area yang Rata 

    Terkadang Anda menemukan speed bump yang letaknya berjajar sebanyak 2 atau 3 buah. Ketika hendak melewatinya, pastikan Anda mencari area yang memiliki tinggi sama. Tujuannya, untuk membuat nyaman pengendara dan penumpang, serta mengamankan komponen mesin kendaraan agar tidak cepat aus. 

    Itulah tips melewati polisi tidur yang membuat Anda nyaman dan aman. Tetap berhati-hati, meskipun ukuran speed bump cukup landai. Dengan begitu, komponen mesin akan tetap terjaga dan Anda pun tetap merasa nyaman. Penumpang juga tidak ketakutan akan jatuh. 

    Bila Anda merasa ada komponen yang sudah mulai rusak setelah digunakan berulang kali melewati jalanan yang banyak polisi tidur atau jalan rusak, segera bawa ke bengkel resmi Suzuki agar mendapat penanganan yang tepat. Jadwalkan kunjungan service anda melalui website nya di https://suzukiumc.co.id/ & tentukan jadwal yang sesuai dengan keinginan anda.