Berita

    Apa Itu Uji Kir Pada Mobil. Ini Syarat dan Cara Mendaftarnya

    Uji Kir merupakan salah satu persyaratan untuk mobil angkutan penumpang dan barang. Dalam uji Kir sejumlah inspeksi dilakukan untuk memastikan mobil yang dipakai sebagai kendaraan niaga layak digunakan sebagai moda angkutan jalan raya. Uji Kir ini berkaitan dengan keselamatan berkendara sehingga harus menjadi kewajiban angkutan niaga. Biasanya mobil yang wajib melakukan uji Kir adalah unit yang sudah beroperasi lebih dari 5 tahun. Maksud pengujian mobil dengan usia tersebut agar mengetahui apakah ia masih aman atau tidak.

    Faktor keamanan kendaraan di Tanah Air yang kerap diabaikan, membuat uji Kir menjadi satu hal wajib bagi pengguna mobil. Jika sebelumnya uji Kir hanya diperuntukan bagi mobil niaga dengan plat kuning atau umum. Belakangan mobil berplat hitam juga wajib melakukan uji Kir.

    Itu sebabnya saat ini, uji Kir juga berlaku untuk dump truck, truk tangki, mobil double cabin, pick up, bus, taksi, angkutan kota, travel, dan kendaraan khusus, seperti truk gandeng dan sejenisnya 

    Syarat Uji Kir

    Untuk melakukan uji Kir, pemohon perlu melengkapi diri dengan beberapa dokumen yang berkaitan dengan identitas diri dan surat kendaraan seperti BPKB Mobil, STNK, KTP, Sertifikat registrasi uji tipe, Izin trayek dan Bukti pembayaran biaya uji KIR yang lama. 

    Elemen dalam Uji Kir

    Sebagaimana tujuan awal uji Kir untuk memastikan kelayakan dan keamanan mobil, saat melakukan operasional baik untuk mengangkut penumpang maupun barang, sejumlah elemen pada mobil ikut diinspeksi atau diuji oleh petugas berwenang. Elemen-elemen yang diperiksa saat uji Kir adalah fungsi lampu-lampu dan daya pancarnya, emisi gas buang, tingkat kebisingan kendaraan, keakuratan sistem kemudi, aki-kaki mobil, akurasi speedometer, sistem pengereman, sistem rem parkir, dan kedalaman alur ban mobil.

    Selanjutnya petugas juga memeriksa kaca mobil, fungsi mesin, karburator, transmisi dan fungsi klakson. Semua komponen atau piranti ini dianggap sangat berpengaruh dalam mendukung keselamatan berkendara, karena itu harus berfungsi optimal.

    Cara Pendaftaran Uji Kir

    Untuk melakukan Uji Kir, selain melengkapi dokumen sebagai syarat, pemohon harus melakukan pendaftaran baik secara offline atau online agar mendapatkan jadwal, mengingat banyak mobil yang ikut melakukan uji Kir. Pendaftaran online uji Kir bisa dilakukan di website resmi pemerintah setempat yang berwenang melakukan uji Kir. Misalnya di DKI Jakarta, Anda perlu mendaftarkan diri di website ekir.jakarta.go.id.